FUNGSI IKLAN
Pada
dasarnya konsumen pengguna tidak akan mengetahui semua jenis produk barang dan
jasa sehingga masyarakat sangat memerlukan informasi produk barang dan jasa apa
saja yang ada di pasaran. Untuk menyampaikan informasi tersebut dipergunakan
iklan, baik melalui media cetak amupun elektronik, iklan bagi pelaku usaha
adalah media yang sangat dibutuhkan untuk
memasarkan
produknya dan menaikkan jumlah penjualan. Disamping tujuan dan prinsip dasar,
iklan juga memiliki fungsi yang dapat mendukung dalam penjualan produknya,
antara lain :
a. Sumber
Informasi,
dengan iklan maka konsumen dapat mengetahui kriteria produk barang
maupun jasa yang ditawarkan sehingga informasi. yang mereka peroleh dapat
menjadi bahan pertimbangan mereka untuk membuat keputusan pembelian.
b.
Membujuk dan Mempengaruhi
dengan informasi
yang dikemas sedemikian rupa yang disampaikan melalui iklan dapat mempengaruhi
pikiran orang untuk melakukan tindakan pembelian terhadap produk atau merek
tersebut.
c. Menciptakan
Citra
produk yang sudah memiliki citra yang baik di tengah kehidupan
masyarakat akan dengan mudah mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian.
d. Sebagai
Alat Komunikasi
periklanan merupakan alat komunikasi antara penjual dan
pembeli dimana dengan beriklan dapat diketahui puas atau tidaknya konsumen
sehingga pihak produsen bisa lebih meningkatkan mutu produk atau merek pada
waktu yang akan datang.
e. Kegiatan
Ekonomi
periklanan membuat pelaku bisnis tetap memperdagangkan produknya
dimana dengan kegiatan tersebut berarti usaha masih akan berkembang pada masa
yang akan datang.
f. Identitas
Produsen
dimana melalui periklanan masyarakat akan mengetahui identitas
produsen dan dengan mengenal produsen tersebut masyarakat akan lebih mengenal
ciri khas yang dimiliki oleh produsen. Oleh karena itu, profesionalisme pelaku
usaha merupakan tuntutan yang harus dipenuhi dan tidak dapat ditawar lagi
dengan memperhitungkan keadilan, kejujuran serta memperhatikan etika dalam
menjalankan usahanya.
g. Sarana
Kontrol
dimana melalui periklanan masyarakat dapat membedakan produk-produk
yang asli dengan yang tiruan karena banyaknya produkproduk yang mirip di
pasaran.
0 komentar: