Macam-macam, Tujuan Iklan Elektronik


Televisi
Televisi sebagai salah satu media elektronik, mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat, sebagaimana kita mengetahui fungsi-fungsi dari televisi yaitu :

1. Menghibur
2. Mendidik
3. Memberi informasi
4. Sebagai kontrol social

Dari semua fungsi televisi diatas, terdapat satu fungsi yang spesifik, yaitu fungsi televisi sebagai pemberi informasi, dan informasi yang akan dibahas disini adalah informasi yang berbentuk iklan televisi. Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Iklan sendiri dapat kita peroleh dari berbagai media, baik media elektronik maupun media cetak.
Namun selama ini iklan dari media elektroniklah yang mempunyai daya tarik lebih besar bagi pemirsa, bila dibandingkan dengan media cetak. Sebab iklan televisi mempuyai lebih banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan itu sendiri. Selain dapat dilihat, juga dapat didengar sekaligus dapat ditunjang dengan teks, karena itulah televisi sering juga disebut media audio visual. Karena iklan televisi lebih dipilih, maka sudah seharusnya iklan yang ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi haruslah selalu menarik, dan mempunyai nilai atau pesan yang penting, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

1. Tujuan Iklan
Iklan memang bukan satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk melaksanakan pemasaran dan dapat memberikan dampak peningkatan penjualan jangka panjang. Meskipun demikian, iklan merupakan salah satu kegiatan yang efektif dalam menunjang aktivitas pemasaran, sehingga secara umum tujuan iklan :
a. Menciptakan pengenalan merek dan perusahaan.
b. Memposisikan produk di mata konsumen.
c. Mendorong konsumen untuk mencoba barang maupun jasa yang ditawarkan.
d. Mendukung terjadinya pembelian ulang.
e. Membina loyalitas pelanggan.
f.  Menginformasikan keistimewaan barang atau jasa baru.
g. Meningkatkan citra.

Dalam hal ini perlu diperhatikan pula bahwa periklanan pada dasarnya merupakan komunikasi yang beresensi persuasi (membujuk atau mempengaruhi)Jadi tujuan akhir yang hakiki dari penyusunan iklan dimaksud adalah kegiatan komunikasi untuk menjangkau khalayak tertentu, agar mereka dapat membantu memperluas serta menyebarkan informasinya, dan mempergunakannya selama mungkin.
Para konsumen tidak selalu bisa mengubah dirinya secara tiba-tiba dari insan yang tidak tertarik menjadi pembeli yang berkeyakinan. Dalam banyak kasus, mereka melakukan langkah-langkah tertentu sebelum membeli sesuatu barang atau jasa. Umumnya mereka bergerak dari keadaan tidak tahu tentang barang atau jasa yang dihadapi atau dilihatnya menjadi tahu dan kemudian mengenalinya, menyukainya, memilihnya, menerima (atau meyakininya), dan akhirnya membeli barang atu jasa dimaksud. Langkah-langkah atas komunikasi persuasif tersebut menunjukkan adanya 3 (tiga) tujuan utama dari pemasangan iklan dimaksud, yaitu :

a.   Membentuk kesadaran khalayak untuk mengetahui segala sesuatunya tentang barang atau         jasa tertentu (yang ditawarkan)
b.    Menciptakan perasaan khalayak sedemikian rupa sehingga menyukai dan memilih barang         atau jasa yang ditawarkan tersebut
c.      Mendorong khalayak agar berpikir dan bertindak (membeli) serta menggunakan barang             atau jasa yang ditawarkan ini.
  

Tujuan tersebut bisa tercapai bertahap atau berubah dari tujuan yang  pertama ke tujuan berikutnya, sampai tujuan akhir sesuai dengan kegunaan atau fungsi barang atau jasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari khalayaknya.Apabila barang atau jasa itu mulai dipasarkan, maka tujuan utama pemasangan iklan dimaksud mungkin baru memberikan informasi tentang barang atau jasa tersebut secara rinci (tujuan utama yang pertama). Kemudian jika laju pemasarannya makin pesat, maka tekanan tujuannya ditempatkan pada daya tarik yang bersaing (tujuan utama yang kedua). Selanjutnya apabila pasaran barang atau jasa itu masuk ke dalam tahap yang lebih mantap perkembangannya, pemasangan (pembuatan) iklan pun bisa lebih ditujukan pada memelihara nama dan merek dari barang atau jasa tersebut di kalangan konsumennya (tujuan utama yang ketiga).

0 komentar: